Bisnis Internet, Affiliate Marketing, Model Bisnis

Tips Bisnis Internet Memilih Model Bisnis Terbaik untuk Anda 

Materi ini melanjutkan pembahasan model bisnis internet yang masuk dalam kategori affiliate marketing, contextual advertising, dan modifikasi website. 

Affiliate Marketing 

Model bisnis ini menarik bagi banyak orang karena dapat menghasilkan banyak pendapatan tanpa perlu repot membuat produk dan mengkhawatirkan pengiriman, pengembalian, administrasi, manajemen, dan detail lainnya. Sebagai mitra, tujuan kami adalah mengirimkan pengunjung sebanyak mungkin ke situs web pedagang. Betul sekali! Merchant menerima dan memproses semua pesanan. Sementara kami masih menunggu komisi. Lezat, bukan? Model bisnis ini sederhana, tetapi tetap membutuhkan kerja keras untuk berhasil. Menghadapi potensi besar dari model bisnis ini, kita harus memutuskan apa yang ingin kita promosikan, terutama ketika waktu kita terbatas. 

Banyak super affiliate (sebutan untuk orang yang sudah menjadi perusahaan papan atas) yang bisa berpenghasilan puluhan ribu bahkan ratusan ribu dollar AS per bulan. Ambil contoh Rosalind Gardner, penulis Buku Pegangan Afiliasi Super yang populer, yang memperoleh $36.797 setahun pada tahun 2003 "hanya" menjual produk dan layanan orang lain secara online. Kami membeli buku ini di awal tahun 2007 dan buku ini membantu kami memahami pemasaran afiliasi pada awalnya. 

Jenis Kompensasi Affiliate Marketing Berdasarkan kompensasi yang diberikan, pada dasarnya hanya ada tiga jenis Affiliate Marketing, yaitu:

  • Bayar Per Penjualan (PPS). Ini adalah model bisnis yang paling banyak digunakan dalam kategori ini. PPS mewakili hampir 80 persen pemasaran afiliasi. Pedagang mengganti afiliasi berdasarkan penjualan. Komisi dapat berupa persentase, tetapi juga dapat berupa nilai nominal yang telah ditentukan. 

Contoh pedagang yang menawarkan kompensasi  persentase adalah PerfectMatch.com, agen perjodohan online yang populer. Persentase kompensasi yang dibayarkan untuk setiap pelanggan adalah 40 persen dari nilai transaksi. Jika  merchant memiliki beberapa produk, sistem persentase lebih menarik, karena nilai transaksi untuk pelanggan biasanya tinggi dan aMafe otomatis  menerima komisi yang lebih tinggi. Contoh merchant yang membayar biaya nominal tertentu untuk setiap penjualan adalah Forbes.com. Sebuah majalah perdagangan terkemuka memberikan komisi $11 per pelanggan kepada afiliasi. MLM/Pemasaran Jaringan Online juga mencakup PPS. Perbedaannya adalah bahwa imbalannya tidak hanya pada satu tingkat penjualan, tetapi pada beberapa tingkat atau lebih.

Bisnis Internet


Pay Per Lead (PPL), CPA (Cost Per Action) atau Pay Per Action. 

Kontrak PPL atau CPA ini mewakili hampir 18 persen pemasaran afiliasi. Dalam model ini, pedagang tidak membayar kompensasi berdasarkan transaksi, tetapi berdasarkan input potensial. Model ini sering digunakan oleh industri termasuk kartu kredit, pemberi pinjaman hipotek, asuransi, real estate dan lain-lain. Baru-baru ini, bagaimanapun, perusahaan kosmetik mengganti afiliasi mereka untuk setiap sampel yang dipesan oleh pelanggan potensial. Perusahaan perangkat lunak juga membayar kompensasi untuk setiap pelanggan potensial yang mengunduh uji coba gratis. 

Misalnya, DiscoverCard.com, perusahaan yang menerbitkan kartu Discover (sejenis kartu kredit), menawarkan US$ 40 untuk setiap kartu yang diterima. Afiliasi hanya bertanggung jawab untuk mengirimkan pengunjung ke situs untuk melengkapi informasi dan mendaftar. Dalam hal ini, tidak ada penjualan,  hanya informasi prospek yang valid yang diperlukan untuk  kompensasi. 

Bayar Per Klik (PPC). Model bisnis ini memberikan kompensasi kepada afiliasi untuk setiap klik dari situs web mitra ke situs web pedagang. Model ini pernah populer. Namun, karena tingkat penipuan yang tinggi, lebih sedikit pedagang yang menggunakan model ini. 

Strategi Pemasaran Afiliasi dan Model Bisnis  

Karena ada banyak model dan strategi bisnis pemasaran afiliasi, kreativitas Anda menjadi sangat penting untuk menonjol dari afiliasi lainnya. Berikut adalah beberapa contoh strategi dan model pemasaran afiliasi populer. 

Buat ulasan produk. Ini adalah model bisnis afiliasi  paling populer. Kami mempromosikan produk/layanan dengan menulis ulasan/ulasan tentang beberapa produk. Review bisa berupa artikel. 

Membuat direktori situs. Situs direktori seperti www.baaje.com biasanya dibuat oleh pemasar afiliasi. Setiap tautan dalam direktori adalah tautan afiliasi yang memberi kompensasi kepada pemilik situs. 

Buat situs kupon. Salah satu strategi untuk menarik pengunjung ke situs web Anda adalah dengan menawarkan kode kupon ke banyak pedagang. Hampir semua merchant di negara maju seperti Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris Raya secara rutin mengeluarkan kupon diskon yang dapat digunakan pelanggan untuk melakukan pembelian secara online. Jika Anda menampilkan daftar kupon afiliasi super seperti www.FlamingoWorld.com, website Anda akan mendapatkan banyak pengunjung yang akan membeli melalui  link afiliasi. 

Membuat situs web promosi/diskon. Salah satu cara untuk membuat pengunjung membeli produk/jasa melalui  link afiliasi adalah dengan menawarkan diskon/bonus, baik dalam bentuk cash back atau insentif berharga lainnya. Tidak semua pedagang mengizinkan afiliasi untuk menawarkan insentif keuangan, terutama  afiliasi jenis PPL atau CPA. 

Contoh situs insentif yang sukses adalah :

Periklanan Kontekstual 

Jika Anda memiliki situs web yang memiliki konten menarik untuk target pasar tertentu dan memiliki banyak pengunjung, Anda dapat menghasilkan pendapatan dengan menunjukkan iklan kontekstual di situs web Anda Iklan kontekstual adalah iklan yang ditampilkan karena berkaitan dengan isi sebuah website. Misalnya, jika situs web Anda menampilkan hasil pertandingan sepak bola, iklan yang akan Anda tampilkan akan berhubungan dengan sepak bola (seperti merchandise, perlengkapan permainan, dan lain-lain). Ketika seseorang mengklik iklan di website Anda, Anda sebagai pemilik website akan menerima sejumlah kompensasi tertentu. 

Dalam kasus model bisnis ini,  fokus utamanya adalah membuat situs web dengan konten yang menarik. Blog adalah salah satu contoh website yang banyak menggunakan iklan kontekstual. Penuh dengan konten baru dan unik, blog secara konsisten mendatangkan pembaca setia dari seluruh dunia. Jadi itu juga membawa banyak pendapatan iklan. Misalnya, ¡ohnchow.com  memiliki pendapatan bulanan lebih dari $30.000, sebagian besar  dari iklan. 

Saat ini banyak perusahaan/jaringan menawarkan iklan kontekstual. Namun, yang  pertama dan paling populer  adalah Google Adsense. Untuk informasi lebih lanjut, lihat  halaman berikutnya di www.appleiphonereview.com. 

Situs web di atas memiliki iklan GoogleAdsense yang ditempatkan di tiga tempat yang berbentuk kotak. Tampilan iklan tampaknya berhubungan baik dengan konten situs web, yaitu  iPhone, dan karena itu memiliki peluang tinggi untuk mendapatkan pengunjung. 

 Ketika Anda mengklik iklan teks  Google di situs ini, biaya iklan akan dibebankan kepada pengiklan. Karena iklan ini diklik saat muncul di  AppleiPhoneReview.com, biaya iklan ditambahkan atau dibagi antara Google dan pemilik situs. Beginilah cara kerja iklan kontekstual biasanya. 

Ada banyak jaringan iklan kontekstual yang dapat Anda tampilkan di situs web Anda. Beberapa di antaranya adalah AdBrite, BidClix, ContextCash, Clicksor, Kontera, ValueClick dan masih banyak lagi. Materi hari ke-18 termasuk menampilkan iklan kontekstual seperti Google Adsense. 

Pembalikan Situs Web 

Pembalikan Situs Web pada dasarnya adalah pembelian dan penjualan situs web. Situs web adalah aset seperti rumah dan sekarang umum untuk dijual. Situs yang dijual biasanya memiliki nilai sebagai berikut: 

Anda menerima penghasilan bulanan reguler dari iklan kontekstual dan pemasaran afiliasi. 

menempati halaman 1 di mesin pencari dengan kata kunci yang cukup populer. 

Usia konten dan  domain (domain age)  cukup panjang (lebih dari tiga tahun) sehingga  mudah untuk diranking dengan SEO. 

Mengapa orang ingin membeli situs web? Pembeli biasanya melihat bahwa situs yang mereka minati dapat ditingkatkan dan dijual dengan harga  lebih tinggi. Pada saat yang sama, ada juga yang tidak menjualnya kembali dan hanya ingin mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi. 

Mengapa orang ingin membeli situs web? Pembeli biasanya melihat bahwa situs yang mereka minati dapat ditingkatkan dan dijual dengan harga  lebih tinggi. Pada saat yang sama, ada juga yang tidak menjualnya kembali dan hanya ingin mendapatkan penghasilan yang jauh lebih tinggi. 

Jadi jika Anda ingin menghasilkan uang  dengan cepat,  model bisnis untuk Anda mungkin merupakan strategi untuk membuat situs web untuk dijual. Tapi ingat, model bisnis ini tidak menghasilkan arus kas atau pendapatan berkelanjutan saat Anda berhenti bekerja.

Tips Memilih Model Bisnis Terbaik  

Penjelasan lengkap di atas dimaksudkan untuk membantu Anda menemukan pilihan terbaik untuk Anda. Apa yang terbaik untuk orang lain belum tentu yang terbaik untuk Anda. Ada orang yang menghasilkan banyak  uang dengan menjual produk impor dari China melalui toko online. Namun, jika Anda lebih suka duduk sendiri dan menulis tentang kesukaan dan ketidaksukaan Anda, menerima pesanan, pengiriman, penanganan, melakukan pembelian  baru, inventaris, dan  detail lainnya, maka toko online  mungkin tidak cocok untuk Anda. 

Jika Anda cenderung menghindari risiko dan tidak dapat bernegosiasi, model bisnis terjemahan web mungkin tidak tepat untuk Anda. Meskipun dapat dipelajari, selalu ada risiko bahwa Anda akan membeli situs yang salah atau akan terlalu mahal untuk dijual kembali. 

Jika Anda suka membuat produk, pemasaran afiliasi mungkin tidak  menyenangkan bagi Anda. Di sisi lain, jika Anda tidak puas dengan produksi dan layanan pelanggan, pemasaran afiliasi mungkin menjadi solusi terbaik untuk Anda. 

Jika Anda suka membuat rencana atau program dan membutuhkan uang cepat, menjual layanan melalui situs web pemasaran outsourcing dapat membantu Anda mendapatkan klien. Sambil mengumpulkan modal, Anda mungkin bisa membuat produk yang berhubungan dengan keahlian Anda. 

Intinya adalah, jika Anda baru memulai, pilih satu model bisnis terlebih dahulu, kelola dan selesaikan. Menjalankan dua model bisnis secara bersamaan sering  membuat Anda bingung, tidak fokus, dan akhirnya frustrasi. 

Selamat memulai bisnis online

Postingan Populer