Tips Bisnis Internet Sukses Dalam Hitungan Hari

Tips Bisnis Internet Sukses Dalam Hitungan Hari


Tidak ada topik yang lebih penting dalam mengawali pembelajaran membangun bisnis internet yang sukses selain mengetahui mindset atau cara berpikir pebisnis internet yang sukses. Berdasarkan pengalaman kami maupun dari pengamatan terhadap mereka yang telah sukses, itulah kunci atau aspek paling penting dalam membangun sebuah bisnis internet. Sebaliknya, mereka yang gagal berpikir bahwa bisnis internet hanyalah urusan penguasaan hal-hal teknis, seperti webhosting, FTP, MySQL, WordPress, PHP, dan sejenisnya.
Mereka lupa bahwa membangun bisnis internet sama seperti membangun bisnis biasa. Ada sejumlah kebiasaan yang perlu dikembangkan sejak hari pertama, terutama dalam hal mindset. Apa saja mindset pebisnis internet yang sukses? Mari kita kupas satu per satu.

Mengetahui Alasan Mengapa Anda Ingin Membuat Bisnis Internet yang Sukses

Sejak 2010, kami mulai gandrung dengan soal pengembangan diri. Kami bersyukur telah belajar begitu banyak dari orang-orang sukses.

Berawal dari situ kami ingin bagikan kepada Anda saat ini. Setiap orang sukses yang kami tahu menggunakan prinsip ini, baik secara sadar maupun tidak. Prinsip itu adalah mengetahui alasan atau sebab mengapa Anda ingin mencapai sesuatu lebih penting daripada mengetahui bagaimana cara mencapainya. Kalau trainer di perusahaan MLM atau asuransi menyebutnya menemukan impian, kami lebih suka menyebutnya menemukan alasan/sebab yang kuat.

Begitu menemukan alasan atau sebab yang kuat itu, Anda akan menemukan cara untuk mencapainya. Pikiran Anda seperti sebuah rudal yang sudah ditentukan koordinat targetnya sehingga apa pun halangan yang dihadapi akan dapat dilewati.

Jadi, tanyakan kepada diri Anda: Mengapa Anda ingin membuat bisnis internet yang sukses?

Apakah Anda ingin menciptakan berbagai sumber pendapatan pasif yang terus mengalirkan uang kepada Anda ketika Anda bekerja, tidur, bermain dengan anak, atau sedang jalan-jalan ke berbagai negara? Apakah Anda ingin menciptakan pendapatan yang begitu besar sehingga memberikan rasa aman kepada Anda sendiri dan membuat Anda bebas dari rasa khawatir saat ada tagihan baru?

Apakah Anda ingin menciptakan sebuah bisnis yang berpenghasilan besar dan bisa dikerjakan dari mana saja selama ada komputer dan koneksi internet? Apakah Anda ingin memiliki sebuah bisnis yang berpenghasilan besar dan dapat berjalan secara otomatis tanpa banyak karyawan sehingga Anda tidak perlu pusing dengan ulah mereka?

Kami tidak tahu apa alasan Anda. Namun, berikut adalah beberapa alasan/sebab mengapa kami menganggap bisnis internet atau bisnis online sebagai model bisnis terbaik dari semua bisnis yang ada:
Anda bisa mengoperasikan bisnis Anda di mana pun Anda berada selama ada komputer dan koneksi internet. Kami suka jalan-jalan atau bepergian, maka sangatlah penting kami memiliki bisnis yang bisa dijalankan dari negara atau belahan dunia mana saja. 

Biaya startup/modal awal dan biaya operasional sangat rendah daripada bisnis konvensional apa pun. Biaya sewa dan renovasi tempat untuk bisnis konvensional saja sudah menghabiskan puluhan juta rupiah.

Anda bisa mengoptimatisasi bisnis Anda sedemikian rupa sehingga bisnis Anda relatif dapat berjalan tanpa banyak karyawan atau keterlibatan Anda. Ini benar-benar sebuah keajaiban dari bisnis online. Sejujurnya, kami dan banyak pengusaha sukses adalah orang yang malas. Kalau ada pilihan untuk kerja atau santai-santai, kami akan memilih yang kedua. Kalau disuruh memilih punya banyak karyawan atau minim karyawan, kami akan memilih yang minim. Inilah impian banyak pengusaha. Hidup Anda pun menjadi bermakna. Anda jadi punya banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang lebih bermakna daripada sekadar memperoleh penghasilan untuk membiayai hidup. Anda bisa melakukan hobi/kegemaran Anda. Anda bisa melakukan banyak aktivitas yang punya kontribusi sosial. Anda bisa jalan-jalan ke seluruh dunia. Anda bisa punya banyak waktu untuk keluarga dan dekat dengan anak-anak Anda sehingga bisa mendampingi mereka hingga dewasa.

Nah, sekali lagi, mengapa Anda ingin membuat bisnis internet yang sukses? Apa makna bisnis online yang sukses bagi Anda? Apa alasan Anda membangun bisnis online atau bisnis internet yang sukses?

Berikut adalah latihan yang dapat membantu Anda menemukan alasan kuat Anda untuk membangun bisnis internet yang sukses. Baca baik-baik dulu instruksi di bawah ini secara keseluruhan sebelum melakukannya.

Tutup mata Anda dan rileks. Buat tubuh Anda rileks. Tenangkan pikiran hingga bisa fokus. Mendengarkan lagu instrumen yang lembut juga dapat membantu tubuh Anda rileks. Buat tubuh Anda rileks. Tenangkan pikiran hingga bisa fokus. Mendengarkan lagu instrumen yang lembut juga dapat membantu tubuh Anda rileks. Tarik napas panjang dan hembuskan pelan-pelan. Lakukan ini sebanyak tiga kali. Buat tubuh Anda rileks, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki Anda.

Setelah mencapai kondisi tubuh yang rileks, tanyakan, Mengapa saya ingin membuat bisnis internet yang sukses?”

Temukan alasan/sebab yang emosional dan kuat. Visualisasikan arti dari memiliki sebuah bisnis online yang sukses.

Visualisasikan website Anda menghasilkan penjualan setiap hari dan para pelanggan Anda senang memberikan uang mereka untuk ditukarkan dengan produk, informasi, atau jasa Anda.

Visualisasikan bagaimana hidup Anda berubah menjadi jauh lebih baik dengan bisnis online Anda yang sukses. Rasakan perasaan senang, bangga, dan percaya diri saat mengetahui begitu banyak uang masuk ke rekening Anda. Rasakan perasaan senang dan nyaman ini untuk beberapa saat.

Sekarang tarik napas panjang lagi dan hitung dari angka 1 sampai 5 secara perlahan dan bukalah mata Anda secara perlahan.

Setelah melakukan latihan tersebut, kemungkinan besar Anda sudah menemukan sebuah alasan yang kuat. Tuliskan alasan yang kuat tersebut dalam sebuah buku tulis. Lalu, tuliskan sebuah goal/ sasaran jangka pendek untuk 90 hari ke depan dan relevan dengan alasan/sebab yang telah Anda tulis sebelumnya.

Anda pada awalnya memang perlu melihat berbagai macam model bisnis. Namun, setelah itu, Anda perlu FOKUS pada model bisnis yang Anda pilih sampai Anda berhasil.

Agar bisa fokus, kami menyarankan Anda untuk belajar dari    kuda.    Kuda    yang    diberi kacamata hanya bisa melihat    ke    depan,    tidak    menoleh ke sana-sini sehingga bisa sampai ke tujuan. Hanya dengan cara seperti itulah, Anda dapat melakukan tindakan yang diperlukan untuk membawa kemajuan pada bisnis internet Anda.

Menggunakan Kekuatan Anda dan Mendelegasikan Hal Lainnya


Apakah Anda pernah menemui seorang pemilik bisnis yang| merangkap sebagai tenaga sales, produksi, customer service, reception/ penerima telpon, administrasi, kasir, dan office boy sekaligus? Tentu tidak pernah, bukan? Namun, dalam bisnis internet, sering dijumpai pemilik bisnis yang berusaha merangkap sebagai web developer (yang membuat website), webmaster (yang memelihara website), desainer (yang mendesain website), customer support (yang menerima order dan melayani pelanggan), technical support (yang mengatasi gangguan teknis), content writer (yang mengisi content), tenaga administrasi (yang mengurus pembayaran dari pelanggan dan refund), serta tenaga produksi dan pengiriman.

Kecenderungan semacam itulah yang justru membuat banyak orang gagal dalam memulai bisnis online. Sebaliknya, pebisnis internet yang sukses mengetahui kekuatan dirinya dan mendelegasikan hal lainnya. Misalnya, Anda memiliki kekuatan dalam mendatangkan visitor ke website Anda dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), maka fokuslah pada kekuatan tersebut serta delegasikan urusan desain dan pembuatan website kepada pihak ketiga (outsource), dan aspek-aspek yang berkaitan dengan customer support, produksi, administrasi, dan sebagainya kepada karyawan Anda. Dengan begitu, tidak saja hasilnya akan lebih baik, tetapi Anda juga menikmati pekerjaan Anda. Bukankah itu yang kita mau? Maka; sekarang evaluasilah diri Anda serta temukan apa kemahiran Anda dan Anda senang melakukannya.

Anda mungkin akan berkata, “Itu kan kalau ada uang untuk membayar orang lain. Kalau tidak ada, bagaimana?” Berpikirlah kreatif dan dapatkan dana dari berbagai sumber. Anda mungkin bisa menyisihkan sedikit gaji Anda, mengambil dari tabungan Anda, bekerja lembur, mencari pekerjaan tambahan sementara, atau bahkan menjual sepeda Anda. Yang penting, Anda bisa membayar orang yang memang jago di bidang mereka. Itulah cara yang benar. Kalau Anda berusaha menjadi jago di semua bidang, cara itu justru akan menghabiskan waktu dan energi Anda.

Konsisten dan Pantang Menyerah Konsisten berarti mengalokasikan waktu dan perhatian khusus setiap hari untuk membangun bisnis online Anda.

Jangan mengerjakan bisnis online Anda selama enam jam hari ini, tetapi baru meluangkan waktu untuk mengerjakannya lagi minggu depan. Inilah yang sering dilakukan oleh pemula di bisnis ini. Momentum tidak bisa diciptakan dengan cara kerja seperti itu. Lebih baik Anda mengalokasikan waktu satu-dua jam dan berkomitmen membangun bisnis ini setiap hari.

Konsisten dan Pantang Menyerah


Konsisten berarti mengalokasikan waktu dan perhatian khusus setiap hari untuk membangun bisnis online Anda.

Jangan mengerjakan bisnis online Anda selama enam jam hari ini, tetapi baru meluangkan waktu untuk mengerjakannya lagi minggu depan. Inilah yang sering dilakukan oleh pemula di bisnis ini. Momentum tidak bisa diciptakan dengan cara kerja seperti itu. Lebih baik Anda mengalokasikan waktu satu-dua jam dan berkomitmen membangun bisnis ini setiap hari. Hanya dengan begitulah, semangat Anda bisa tetap terjaga.

Selain konsisten, Anda juga perlu melakukan massive action dan punya sikap pantang menyerah. Pebisnis internet yang sukses pasti punya lebih banyak cerita kegagalan daripada cerita kesuksesan. Lumrah terjadi bahwa dari setiap tiga sampai empat ide bisnis baru yang dibuat, hanya 1 yang sukses. Namun, hasil dari satu bisnis yang sukses itu jauh lebih besar daripada biaya yang dikeluarkan untuk membuat semua bisnis yang gagal. Maka, jika Anda gagal dalam satu bisnis online, evaluasilah penyebabnya dan coba lagi. Jika gagal, evaluasi lagi dan coba lagi. Semakin lama Anda akan semakin pintar dan tidak akan mengulangi kesalahan yang sama.

Sikap pantang menyerah ini akan mudah Anda miliki jika Anda memiliki alasan yang kuat untuk sukses, seperti telah kami jelaskan di awal bab ini. Itulah sebabnya mengapa kurang dari 10 persen orang akan mencapai kesuksesan. Kegagalan selalu pahit bagi siapa pun. Namun, orang dengan sikap pemenang akan terus melanjutkan perjalanan, sedangkan orang dengan sikap pecundang akan berhenti.

Nah, jika mengerti dan melakukan empat rahasia mindset atau cara berpikir pebisnis internet sukses yang dibahas dalam materi hari pertama ini, Anda sudah berada dalam perjalanan menuju kesuksesan Anda.

Postingan Populer