Tips Bebas Stress Menjelang Ujian

Tips Bebas Stress Menjelang Ujian


Menjelang ujian, enggak jarang dari siswa yang mengalami stress. Tapi sebelum stress melanda, inilah tips untuk adik-adik yang akan melaksanakan ujian, agar tidak di landa stress. Ikutilah cara-cara berikut ini :

Pertama : Cari Tahu Cara Belajar Yang Tepat Buat Kamu


Enggak semua orang cocok dengan cara belajar yang sama. Kita harus tahu apakah kita cocok dengan cara belajar kebut semalam alias belajar tepat sebelum ujian atau kita lebih cocok dengan cara belajar dari jauh hari dan dicicil? Hal ini menjadi penting karena ini bisa berpengaruh pada hasil ujian kita.
Catatan : Kalau kita cocok dengan cara belajar kebut semalam, ada baiknya kita harus menjaga asupan makanan dan istirahat cukup untuk jaga stamina ketika belajar nanti.

Kedua : Pintar Mengatur Waktu antara Waktu main dan Belajar

Menjelang ujian bukan berarti kita enggak boleh santai-santai. Melepas penat dengan jalan-jalan dengan teman atau me-time di sela-sela persiapan ujian itu boleh banget,kok.Justru dianjurkan supaya kita enggak tertekan.Tapi dengan satu catatan: kita harus pandai membagi waktu.Misalkan dalam 7 hari,kita pilih 1 hari untuk bersama teman-teman dan satu hari bersama keluarga.Lalu setiap harinya,kita sisihkan waktu 2 jam untuk melakukan kegiatan yang kita suka, misalnya nonton drama korea atau nonton film atau acara di tv.Setalah itu dijamin kita siap belajar lagi dengan pikirian yang lebih mantap.

Ketiga : Cari Teman Sependeritaan

Supaya enggak stres, ada baiknya kita menemukan teman belajar yang memiliki masalah yang sama.Jadi, ketika belajar bareng, kita bisa saling menguatkan karena mereka akan mengerti apa yang kita rasakan ketika mengalami kepanikan menuju ujian. Kita pun jadi enggak merasa memikul beban ini sendirian karena punya teman sharing.Setidaknya kita enggak drama sendirian,kan? he-he-he.

Keempat : Ganti Tempat Dan Suasana Belajar

Suasana belajar itu juga berperan penting untuk mengurangi stres menjelang ujian.Kalau biasanya kita belajar sendiri dikamar atau di kafe dengan teman-teman,coba kali ini cari suasana tenang yang berbeda, misalnya di taman terbuka dekat rumah. Dengan enggak ada koneksi WIFI di taman,kita justru bisa semakin konsentrasi dalam belajar.Udara segar pun bikin pikiran kita lebih segar dan mudah menerima informasi tambahan.

Kelima : Jaga Makan Dan Tidur Teratur

Ketika belajar, tubuh kita butuh asupan makanan bergizi supaya kita memiliki stamina yang cukup.makanya menjadi penting buat kita untuk menyiapkan berbagai cemilan sehat ketika sedang belajar untuk persiapan ujian.Istirahat yang cukup pun ternyata sangat penting buat tubuh kita.Walaupun tubuh kita secara enggak sadar inginnya terjaga terus karena efek dari rasa tegang,tapi tidur cukup setiap harinya itu penting,apalagi sehari sebelum ujian.Ketika kita membiasakan makan makanan sehat dan tidur cukup selama persiapan,dijamin tubuh kita pun jadi lebih santai dalam menghadapi ujian.

Atur Nafas Sebaik Mungkin

Percaya atau enggak, mengatur napas ketika kita merasakan adanya tekanan menjelang ujian itu bisa mengurangi stres. Kok bisa? Dengan mengatur napas, otomatis perputaran oksigen ke otak juga semakin teratur. Sehingga kita bisa berpikir lebih tenang dari sebelumnya dan otak kita siap menerima informasi lebih banyak.

Cara mengatur nafas yang baik :

Tarik napas selama 4 detik, tahan selama 2-3 detik, lalu hembuskan dalam 4-8 detik. Ulangi sebanyak 10 kali atau sampai kita merasa tenang kembali.

Nah demikian Tips bebas Stress menjelang ujian, semoga bisa memprateknnya sehingga mendapat nilai ujian yang memuaskan.            

Postingan Populer