Kumpulan Cara Agar Bayi Tertidur Dengan Nyenyak

Kumpulan Cara/Tips Agar Bayi Tertidur Dengan Nyenyak.

Kumpulan Cara/Tips Agar Bayi Tertidur Dengan Nyenyak

Buat ibu-ibu yang baru saja melahirkan, tentu tips ini bisa membantu agar bayi yang baru lahir tidak rewel sepanjang malam serta bisa tidur dengan nyenyak. Sehingga ibupun tidak terlalu repot di buatnya. Simap beberapa solusi dan tip menidurkan bayi yang ada di bawah ini.
Mana yang Anda pilih: menang lotere atau tidur nyenyak sepanjang malam?

Jika harus berpikir panjang sebelum memberikan jawaban, selamat – Anda pasti seorang ibu baru! Walaupun hati Anda berbunga-bunga gembira, kelopak mata Anda terasa seberat batu. Kurang tidur akibat bayi adalah sesuatu yang tidak dapat Anda pahami sampai merasakannya sendiri.

Cobalah solusi menidurkan bayi berikut ini untuk mendapatkan tidur yang nyenyak bagi Anda dan si mungil.


Solusi menidurkan bayi: Bayi baru lahir hingga tiga minggu

Bayi baru Anda akan tidur 16 sampai 18 jam sehari, tapi mungkin akan terbangun setiap 2 hingga 3 jam untuk makan. Tentu saja, hal ini berbeda-beda pada setiap bayi.

Walaupun siklus tidur bayi yang baru lahir mungkin menyusahkan, semuanya sangat normal – dan perlu demi keselamatannya. Memanjakan bayi berusia tiga minggu adalah hal yang mustahil, dan Anda harus menciptakan perasaan aman dengan menanggapi tangisannya.

Walaupun bayi Anda mungkin akan bangun setiap jam, sangat penting untuk mengajarinya perbedaan antara siang dan malam hari. Silakan bersenang-senang dan berinteraksi dengannya ketika dia terjaga di siang hari, tapi jaga agar lampu tetap remang-remang dan rendahkan suara Anda ketika dia terbangun di malam hari. Akhirnya, dia akan mulai tidur untuk waktu yang cukup lama pada malam hari.

Banyak orang tua mengandalkan suara rendah untuk membantu menenangkan bayi yang gelisah. Membuat suara “shhh, shhh, shhh” yang keras (sangat keras!) sambil membuainya – hal ini menirukan suara dan sensasi di dalam rahim. Membungkus bayi Anda dalam selimut pun dapat membuatnya merasa aman.

Dan ingat: Beberapa minggu pertama memang cukup sulit, tapi pola tidur bayi Anda berangsur-angsur akan menjadi jauh lebih baik.



Solusi menidurkan bayi: Dua hingga empat bulan

Pengondisian cara menidurkan bayi yang paling cepat terjadi pada empat bulan pertamanya, ini berarti tidak lama lagi bayi mungkin akan tidur untuk waktu yang lebih panjang, jika dia belum merasakannya saat ini.

Kalimat “tidur sepanjang malam” sedikit salah kaprah - itu bisa berarti tidur selama delapan jam pada satu waktu, mulai dari tengah malam hingga jam 08.00 atau dari jam 22.00 hingga jam 06.00. Sebagian besar bayi tidur sepanjang malam pada usia dua atau tiga bulan (hore!), tapi beberapa bayi baru mengalami ini setelahnya.

Namun, Anda dapat membantu bayi yang berusia dua hingga empat bulan mengembangkan kebiasaan tidur sehat – yang berarti Anda pun akan tidur lebih nyenyak! Bayi Anda mungkin akan terbangun beberapa kali di malam hari, bahkan ketika tidak merasa lapar. Jika belum belajar untuk tidur kembali, dia mungkin akan menangis. Meletakkan bayi ketika dia mengantuk, tapi belum benar-benar tidur, dapat membantunya belajar cara tertidur kembali.

Bayi kerap menggoyangkan tubuhnya dan dapat menimbulkan banyak suara ketika tertidur. Ketika Anda mendengar rengekan, tunggu beberapa menit sebelum bergegas memeriksanya. Berikan kesempatan kepada bayi Anda untuk menidurkan dirinya sendiri.


Solusi menidurkan bayi: Bayi pada usia berapa pun

Tidak perlu mengatur penyejuk udara atau membungkus bayi secara berlebihan. Jika Anda merasa nyaman mengenakan piyama dan selimut tipis, dia pun akan merasa nyaman mengenakan piyama dan kantong tidur atau diselimuti. Tetap merasa nyaman juga berarti tetap kering. Pasang popok Pampers yang menyerap kelembapan dan menyediakan perlindungan terhadap kebocoran.

Akhirnya, selalu telentangkan bayi saat tertidur di ruang bebas asap rokok. Jaga agar boksnya tidak dipenuhi selimut, mainan, bantal atau bemper boks yang dapat membuatnya sesak napas.



6 Tips Menidurkan Bayi Sampai Nyenyak

Untuk wanita yang menjadi ibu rumah tangga biasa tentu ini bukan masalah yang besar, tapi bagi wanita yang juga bekerja di siang hari, ini tentu sangat melelahkan karena terjadi secara berulang dan akibatnya bisa saja jatuh sakit.

Nah, berikut ini akan diuraikan mengenai bagaimana cara agar anak bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Pertama
Banyak bayi yang akan tidur dengan nyenyak di tempat tidurnya sendiri (keranjang bayi). Kenapa? Jika bayi tidur bersama dengan orang tuanya di tempat tidur yang sama, maka ketika orang tuanya bergerak, bayi juga akan bergerak.

Malah tak jarang akan langsung menangis karena kaget sehingga akan mengganggu tidurnya. Tidurkan bayi di tempat tidurnya sendiri tapi dekat tempat tidur Anda.

Jangan lupa letakkan beberapa bantal di pinggir tempat tidurnya, itu akan membuat mereka merasa nyaman dan aman.

Kedua
Mandikan bayi sebelum tidur dengan air hangat, lalu gosokkan minyak kayu putih atau minyak telon sambil diberikan pijatan-pijatan lembut.

Hal tersebut akan membuat bayi merasa lebih relaks sehingga akan cepat tertidur. Jangan lupa matikan lampu dan nyanyikan lagu pengantar tidur.

Ketiga
Jam tidur bayi memang belum bisa disamakan dengan jam tidur orang dewasa. Tapi biasakan tidak menidurkan bayi terlalu lama di siang hari karena itu akan membuatnya terjaga sepanjang malam. Cara ini akan membuat bayi terbiasa untuk lebih banyak beristirahat atau tidur di malam hari.

Keempat
Kenakan pakaian yang nyaman pada bayi. Pakaian yang berat dan tidak nyaman akan membuat bayi sering terbangun dan sulit untuk kembali tertidur. Jadi, pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan yang lembut dan ringan. Begitu pula dengan selimutnya.

Kelima
Jangan lupa untuk mengganti popoknya sebelum makan malam. Kenapa? Bayi biasanya akan mengantuk setelah diberi makan dan minum susu lalu tertidur.

Memakaikan pokok saat bayi sedang tidur tentu akan sangat mengganggunya bahkan bisa membangunkannya.

Keenam
Bayi akan tidur ketika dia merasa nyaman. Rajinlah membersihkan ruangan di mana bayi sering tidur dan atur suhunya agar tidak terlalu dingin atau terlalu panas.

Cari tahu apa yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Bila Anda masih merasa kesulitan (biasanya dialami oleh ibu yang melahirkan anak pertama), mintalah saran pada dokter anak.

***

Kurang tidur pada bayi akan menyebabkan terganggunya proses tumbuh kembangnya. Karena itu pastikan bayi Anda memiliki waktu tidur yang cukup dan berkualitas dengan menjaga agar tidurnya lelap dan tidak rewel di malam hari.

Postingan Populer