Menjaga Kesehatan Mata | Memperbaiki Proses Penglihatan

Aneka Tips Kesehatan Pendengaran


Menjaga Kesehatan Mata


Vitamin A adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan mata. Memiliki kecukupan vitamin A membantu transmisi sinyal cahaya di dalam sel-sel retina. Salah satu sumber vitamin A adalah sayuran yang memiiki warna orange seperti baby wortel, juga buah aprikot.


Memperbaiki Proses Penglihatan


Bila memiliki masalah dengan penglihatan, cobalah konsumsi minyak wijen atau sesame oil. Menurut hasil penelitian, minyak wijen memiliki kandungan asam lemak tak jenuh seperti omega-3 dan omega-9 yang tinggi sehingga mampu membantu memperbaiki proses penglihatan.

Menjaga Kesehatan Fungsi Penglihatan


Mata memiliki fungsi yang sangat luar biasa sehingga perlu dijaga kesehatannya. Cara menjaga kesehatan mata dapat dilakukan dengan mengonsumsi asupan yang dibutuhkan mata seperti vitamin A, menggunakan sunglasses saat matahari terik, memeriksakan mata secara rutin, dan mengonsumsi suplemen zinc untuk membantu dalam mengatasi masalah mata pada usia lanjut.

Mencegah Mengendurnya Elastisitas Mata


Elastisitas lensa akan mengendur seiring dengan bertambahnya usia. Menginjak usia 40 tahun, lensa mata akan mengendur dan otot yang menopang mata juga akan melemah. Makan sayuran dan daun-daunan yang berwarna hijau sejak usia dini adalah salah satu upaya mencegahnya.

Melindungi Penglihatan

Banyak-banyaklah konsumsi jagung, tomat, wortel, dan bayam. Sayuran tersebut mengandung nutrien berkhasiat mencegah kerusakan radikal-radikal bebas yang menyebabkan masalah pada lensa mata, saraf optik, saluran optik. Selain itu, bahan makanan tersebut berperan penting melindungi retina dari efek merusak yang ditimbulkan oleh cahaya.

Pakchoy Mencegah Katarak

Tiga cara menjaga mata Anda agar tak terserang penyakit katarak. (1) Minumlah vitamin C 1.000 mg setiap hari. (2) Pakailah kacamata tabir surya bila di luar ruangan. (3) Makanlah pakchoy. Di balik rasanyayang manis dan renyah, pakchoy memiliki kekuatan antivirus dan antibakteri serta kandungan betakatotin yang tinggi sehingga dapat mencegah penyakit katarak. Mengonsumsi semangkuk pakchoy sama dengan telah memenuhi kebutuhan betakarotin tubuh sehari.

Cara Mendengar yang Baik


Jika Anda kesulitan dalam menangkap pesan suara dari iawan bicara, cobalah miringkan telinga kanan. Menurut penelitian, pesan yang diterima oleh otak kiri lebih baik dan lebih cepat dibanding otak kanan sehingga isarankan untuk memiringkan telinga kanan. Namun, jika Anda kesulitan dalam menangkap lirik lagu cobalah melakukan hal sebaliknya.


Mencegah Sakit Telinga pada Anak di Pesawat

  • Usahakan anak Anda minum cairan yang cukup selama dalam pesawat terbang.
  • Bagi anak yang sudah berusia di atas 3 tahun berilah permen untuk dikunyah. 
  • Beri tahu anak Anda untuk sering menguap. o Jangan biarkan anak Anda tidur pada saat pesawat tinggal landas dan mendarat.
  • Gunakan semprotan nasal decongestant. o Jika anak Anda sering mengalami penyakit telinga ini, berikan acetaminophen dengan resep dokter, 30 menit sebelum tinggal landas.

Mencegah Penurunan Pendengaran

Mencegah terjadinya penurunan pendengaran pada usia di atas 65 tahun dapat dilakukan sejak dini. Caranya yakni dengan mengurangi suara-suara keras yang memekakkan telinga, contohnya tidak sering menggunakan ipod.

Postingan Populer