Tips Kesehatan Sekitar Pikiran, Mencegah Kebocoran Brain-Barrier (Otak)

Royal Jelly Memperbaiki Kondisi Mental & Gangguan Memori


Anda pasti sudah mengenal royal jelly bukan? Royal jelly sering kali kita temui di toko-toko swalayan atau supermarket. Tahukah Anda, ternyata mengonsumsi royal jelly secara rutin dapat memperbaiki kondisi mental dan juga gangguan memori. Tidak hanya itu saja, royal jelly juga memilki banyak khasiat lainnya, seperti mengatasi insomnia, gangguan lever, ginjal, dan pankreas.

Mencegah Kebocoran Brain-Barrier (Otak)


Menikmati makanan berlemak ditambah dengan kopi bukanlah hal yang buruk bagi kesehatan. Sebaliknya, menyantap makanan berlemak seperti donat dengan secangkir kopi justru dapat melindungi blood-brain. Kafein dapat mencegah beberapa efek yang merusak dari kolesterol penyebab kebocoran brain-barrier. Hal tersebut merupakan hasil riset University of Nort Dakota School of Medicine and Health Sciences.

Teh Melindungi Otak dari Penyakit karena Penuaan

Otak kerap kali menjadi sasaran penyakit di usia lanjut, seperti penyakit alzheimer (pikun). Jadi, melindungi otak dari penyakit-penyakit yang mungkin menyerang saat memasuki usia lanjut merupakan hal yang sangat penting. Menurut hasil riset di Douglas Hospital Research, teh hijau dan teh hitam memiliki kemampuan untuk mencegah penyakit-penyakit yang dapat menyerang otak di saat lanjut usia. Oleh karenanya, para ahli menyarankan para lansia mengonsumsi teh hijau atau teh hitam, 2 gelas sehari, agar otak terlindung dari penyakit, terutama berkaitan dengan syaraf ingatan.

Mendukung Tumbuh Kembang Otak Anak

Tumbuh kembang otak anak dapat dibantu dengan memberikan nutrien AA (asam arakhidonat) dan DHA (asam dokosaheksaenoat). Kedua nutrien tersebut biasanya terdapat dalam produk-produk susu. Pastikan Anda memberikan susu yang memiliki kedua nutrien tersebut untuk mendukung pertumbuhan otak anak.

Cokelat Hitam Atasi Migrain

Kunci utama untuk mengatasi migrain dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung magnesium. Beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium yaitu biji labu, bayam, cokelat (terutama cokelat hitam). Namun, bila semua itu belum mencukupi kebutuhan magnesium Anda, dapat pula ditambah dengan suplemen magnesium.

Mencegah Sakit Kepala

Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sakit kepala. Beberapa di antaranya telur yang direbus matang, keju, dan kacang-kacangan. Makanan tersebut banyak mengandung protein yang dapat mencegah terjadinya sakit kepala.

Mengatasi Sakit Kepala

Bila Anda sering diserang sakit kepala sebaiknya Anda luangkan waktu sejenak untuk tidur pada siang hari. Gosokkan balsam secara memutar di bagian belakang leher dan pelipis untuk membantu melancarkan aliran darah.

Terapi Warna untuk Konsentrasi

Siapkan sepotong semangka berwarna merah lalu pandangi selama beberapa menit. Warna merah tersebut dapat memicu pelepasan adrenalin yang dapat membangkitkan energi. Kemudian pandangi tumbuhan hijau yang ada di sekitar Anda. Warna hijau tersebut dapat mengalihkan otak dari gelombang alpa stres ke gelombang beta yang tenang dan membuat kondisi mental Anda siap untuk berkonsentrasi.


Minyak Zaitun Meredakan Nyeri pada Kepala

Rasa nyeri pada kepala dapat berupa rasa berputar-putar atau rasa seperti ditusuk. Meredakan rasa nyeri seperti itu dapat diatasi dengan menggunakan bahan alami, yakni minyak zaitun. Menurut ahli molekular gastronomi, minyak zaitun yang diperoleh dari hasil ekstrasi buah zaitun segar memiliki senyawa oleochantal seperti yang terkandung dalam obat penghilang nyeri.

Meningkatkan Kesehatan Otak

Ada banyak hal yang dapat membantu dalam meningkatkan kesehatan otak, antara lain melakukan aktivitas fisik atau olahraga, melakukan aktivitas yang menggabungkan tantangan dengan kecepatan, melindungi kepala dari benturan apa pun, membatasi diri dalam mengonsumsi alkohol maupun kafein, melakukan rileks secara konstruktif, dan memiliki waktu tidur yang cukup.

Meningkatkan Kekuatan Otak

Kekuatan otak dapat ditingkatkan dengan memperbanyak konsumsi ikan, sayur, dan buah. Jenis ikan yang dapat membantu meningkatkan kekuatan otak misalnya salmon, tuna, dan ikan-ikan lain yang tinggi asam lemak omega-3. Sayur-sayuran yang berdaun hijau tua dan buah blueberry juga dipercaya dapat meningkatkan kekuatan pada otak.

Konsumsi Daging Menguatkan Daya Ingat

Makanan yang banyak mengandung vitamin BI 2 seperti yang terdapat dalam daging, ikan, dan susu ternyata dapat membantu memperkuat ingatan. Bagi Anda yang memiliki masalah dengan daya ingat disarankan untuk mengonsumi banyak makanan tersebut. Daging merah yang mengandung vitamin BI 2 tersebut dapat memproduksi glukosa yang merupakan bahan bakar kinerja otak.


Air Daun Salam Meredakan Migrain

Bagi Anda yang menderita migrain kini ada bahan alami yang mampu meredakan migrain tanpa harus mengonsumsi obat tertentu. Bahan alami tersebut adalah daun salam karena kandungan partenolidanya. Cukup rebus daun salam dan minum air rebusannya maka migrain akan berangsur hilang.

3 Cara Meningkatkan Kekuatan Otak

Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan untuk meningkatkan kekuatan otak dan mempertajam ingatan. Pertama, Anda harus membiasakan diri mengonsumsi ikan, makanlah 2 saji ikan setiap minggu. Kedua, Andajuga harus membiasakan makan salad setiap hari, sayuran hijau memiliki khasiat yang sangat tinggi salah satunya yaitu vitamin E. Ketiga, jangan lupa memeriksakan gula darah dan pendengaran secara rutin. Gangguan pendengaran dapat mempengaruhi daya tangkap otak dan kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak.


Menajamkan Ingatan

Menurut penelitian di Inggris, anak yang mengonsumsi lebih banyak vitamin C memiliki kemampuan mengingat yang lebih tajam dibandingkan anak yang kurang mengonsumsi vitamin C. Vitamin C dipercaya dapat menghilangkan hormon stres pada anak melebihi 30%.

Berbicara secara Cepat dan Tepat

Salah satu penyebab seseorang lama dalam memilih kata yang tepat pada saat berbicara disebabkan kurangnya kualitas tidur, seperti jam tidur yang tidak teratur atau kurangnya waktu tidur. Cara termudah mengatasinya yaitu dengan menggerakkan tangan. Menurut hasil riset University of Chicago menggerakkan tangan pada saat berbicara dapat membantu ingatan Anda terhadap sesuatu yang ingin Anda katakan.

Mengurangi Risiko Stroke

Empat langkah sederhana mengurangi risiko terserang stroke antara lain, mengatur pola makan sehat, berhenti merokok, melakukan pemeriksaan tekanan darah dan kadar kolesterol secara rutin, serta rajin berolahraga. Menjalankan empat langkah tersebut dapat memantau kesehatan dan tekanan darah sehingga dapat mengurangi risiko terserang stroke.

Postingan Populer