Melatih Menabung dengan Ikut Arisan

Keikutsertaan Arisan 

Menurut perhitungan ekonomi, kepesertaan Arisan memang menjadi kerugian atau opportunity cost di luar negeri. Jika Anda mengikuti pepatah lama "Waktu adalah uang" maka waktu adalah uang seperti yang mereka katakan. Padahal arisan adalah waktu untuk berkumpul bersama rekan kerja, kerabat dan sahabat. Mendapatkan peluang penghasilan potensial dengan aris cash jelas bukan jalan yang harus ditempuh. Namun, ada sisi lain dari banyak manfaat menghadiri arisan. Kehilangan arisan bukanlah kerugian yang nyata karena tidak ada "kesempatan" untuk mengumpulkan uang. Opsi itu sendiri terkadang berfungsi dan terkadang tidak. 

Misalnya Anda ikut arisan Rp. 1 juta dalam satu tahun. Jika uang tersebut digunakan untuk arisan, Anda akan mendapatkan pengembalian dana penuh sebesar Rp. 1 juta. Jika Anda menaruhnya di bank, uang bisa menghasilkan Rp. 100.000 dan bahkan jika Anda secara aktif meningkatkan tabungan Anda, karena bank membayar biaya pengelolaan bulanan untuk tabungan tersebut. Artinya biaya administrasi akan dipotong dari rekening tabungan Anda. Atau bisa juga menyimpan kerugian di bank jika bank tempat Anda menabung sewaktu-waktu bisa dilikuidasi. Lain halnya jika uangnya Rp. 1 juta akan dihabiskan untuk modal usaha, mungkin bisa menghasilkan lebih dalam satu tahun, tapi bisa juga rugi. 

Oleh karena itu, sebagian besar peserta arisan ingin mendapatkan giliran lebih awal. Biasanya yang mendapat giliran di awal adalah penanggung jawab atau kolektor. Pertemuan sosial musim depan akan menjadi undian. Berharap mendapat giliran, berharap bisa meningkatkan uang yang Anda hasilkan di awal. Rekening adalah kredit tanpa bunga. Uang yang diperoleh dari Arisan dapat digunakan untuk tambahan modal usaha bagi yang sudah memiliki usaha atau untuk memulai usaha baru bagi yang belum memiliki. Selain itu, uang yang didapat dari pacaran juga bisa digunakan untuk investasi. Namun ada juga Arisan yang ingin mendapatkan giliran ditengah atau akhir periode, karena takut tidak bisa mengelola uang yang terkumpul, sehingga tidak mampu lagi membayar iuran keanggotaan. biaya harus dibayar dan tidak boleh terlambat. Jika Anda terlambat untuk episode berikutnya, Anda mungkin tidak akan diundang lagi. 

Menabung

Strategi pembelian perhiasan emas Anda tampaknya cukup bagus. Ini karena nilai social pool yang diterima tidak berkurang, yaitu dengan membeli emas yang harganya benar-benar stabil. Tapi kalau boleh saya sarankan, akan lebih baik lagi jika Anda hanya membeli koin emas atau batangan saja. Saat Anda membeli emas batangan, harganya stabil dan tidak mengalami penurunan harga seperti emas perhiasan. 

Berlatih menabung dengan berpartisipasi dalam Arisa | Manfaat Positif Bergabung dengan Arisan | Kekurangan Bergabung dengan Arisan 

Jangan berpikir bahwa Arisan tidak memiliki kelebihan. Arisan memiliki dua manfaat positif yang sangat berharga, yaitu: 

Pertama, manfaat berinteraksi dengan peserta arisan lainnya. Di tengah pergeseran budaya yang semakin individualistis, bersosialisasi bisa menjadi salah satu cara untuk mempererat silaturahmi. Dan bagi yang melihat peluang bisnis juga merupakan strategi pemasaran produk yang baik. Begitu sering kita melihat ibu-ibu datang ke arisan sambil membawa barang-barang. Dalam menyelam, istilahnya adalah air minum. Atau, dengan kata lain, jika Anda mengayunkan dayung, dua atau tiga pulau terlalu banyak. Selain komunikasi, Anda juga bisa berdagang untuk mendapatkan uang. 

Tetapi rekomendasi manajer adalah untuk bergabung dengan arisan di mana Anda tahu anggotanya atau setidaknya manajemennya harus diketahui. Hanya saja, jangan berpartisipasi dalam pertemuan sosial, terutama pertemuan media sosial, di mana lokasi pasti orang tidak diketahui. Mengembalikan misi asli Arisan sebagai ikatan persahabatan antara keluarga, teman atau komunitas. 

 Kedua, kembangkan kebiasaan menabung. Pada umumnya menyelamatkan diri sendiri sangat sulit dibandingkan dengan meminta disisihkan karena ada unsur “keterpaksaan”. Misalnya menabung Rp. 100.000 per bulan di rekening bank sepertinya sangat sulit. Namun, jika Anda ditagih untuk premi asuransi sebesar Rp. 100 ribu sebulan, sepertinya lancar. Demikian juga, mengumpulkan uang untuk pertemuan sosial tampaknya lebih mudah daripada mengumpulkan uang untuk diri sendiri. 

 "Jangan menghabiskan semua uang yang Anda sisihkan setiap bulan untuk arisan. Mengikuti arisan. Mengikuti arisan. Anda mengalami kerugian yang disebut biaya peluang. Anda kehilangan potensi pendapatan dari menggunakan tangan Anda. 

 Seiring waktu, Anda cenderung menghemat uang setiap bulan dengan mengamati pertemuan sosial. Saran manajemen saja, jangan terlalu banyak ikut arisan, tapi jangan kurangi uang saku Anda. Misalnya, pada arisan ini Rp. 200 ribu per bulan, coba gabung hanya Rp. hanya 100 ribu. Sisihkan Rp. 200 ribu per bulan seperti biasa yaitu Rp. 100 ribu lagi Anda bergabung dengan arisan Anda sendiri berarti Anda menabung. Dengan menabung, Anda dapat menginvestasikan uang yang Anda peroleh untuk menghasilkan keuntungan, bukan hanya arisan. 

 Demikian penjelasan tentang Arisan untuk menabung, semoga bermanfaat.

Postingan Populer